Sabtu, 03 Oktober 2015

Nostalgia Kelereng

Gue lagi makan kacang atom di dalam kloset, eh, maksud gue toilet, sendirian, takut ada yang minta. Pikiran gue melayang kemana-mana sampai hinggaplah satu pertanyaan, bentuk kacang atom kok nggak kayak atom ya?? nggak ada elektron-elektronnya. Dulu, waktu gue masih polos, gue kira kacang atom itu kayak bom atom, bisa meledak, makanya kalo gue lagi kesel sama seseorang karena gue di-bully, gue lemparin orang itu pake kacang atom, biar meledak. Niatnya sih supaya dia kena ledakan kacang atom kayak yang kena bom atom gitu. Tapi entah kenapa sejak saat itu gue jadi sering di-bully.


Waktu gue ngeliatin sebutir kacang atom di tangan kanan gue, terus gue ngeliatin sebutir kelereng di tangan kiri gue, kok mereka mirip ya?? jangan-jangan mereka sodara kembar tapi beda lagi.

Entah kenapa gue jadi keinget sama sebuah permainan anak-anak jadul, namanya kelereng. Kelereng ini punya banyak nama, ada yang bilang guli, goli, gundu,sampe ada yang bilang kasur (orang ini nyasar dari planet mana ya??).

Jujur gue kangen masa-masa gue kecil. Biasanya kalo lagi musim main kelereng, setiap pergi main, pasti kantong gue penuh dengan kelereng, jadi keliatan kayak bawa anggur. Sayangnya, kelereng sekarang udah hilang dimakan kloset. Gue jarang (pake banget) ngeliat anak-anak kecil mainan kelereng, palingan bawaannya hape, android, buka medsos, main kelereng online.

Ada beberapa jenis kelereng yang gue inget, ada kelereng planet (gede banget ya??), ada kelereng susu (ini niat mau main apa mau menambah protein??), ada kelereng disko (biar mainnya sambil joget-joget), ada juga yang reguler, kelereng mata kucing, namanya kok serem banget ya?? Tapi, gue pernah melakukan eksperimen, gue penasaran sama isi kelereng mata kucing ini, jadi gue pecahin aja kelerengnya. Ternyata gue nggak menemukan mata kucing atau biji salak di dalamnya.

Terakhir kali gue main kelereng itu....... kapan ya?? gue lupa. Tapi biasanya kalo gue lagi makan kacang atom, gue mainin dulu sebeluk gue makan, gue memang gitu orangnya. Terkontaminasi kuman-kuman?? nggak dong, kan gue mainnya nggak sampe 5  menit, jadi belum 5 menit, masih bisa dimakan. *mitos bocah

Gue pernah baca sejarah tentang kelereng ini di buku kebudayaan daerah waktu gue SD. Kalo nggak salah, kelereng ini dulunya permainan anak-anak kerajaan. Jangan-jangan ini peluru meriam versi mini. Atau jangan-jangan ini kacang atom zaman dulu, dan kacang atom yang sekarang kita makan adalah kelereng mereka zaman dulu.

Gue bersyukur masih bisa merasakan serunya main kelereng.

Nggak terasa kacang atom gue udah habis, tapi kok yang terakhir ini kereas banget digigit ya?? waduh, kelereng gue mana tadi?? HYAAAAA!!! TIDAAAAAKK!!!


Punya cerita tentang kelereng?? Jangan segan-segan, tulis aja di kolom komentar. 

16 komentar:

  1. Jaman dulu cewe main kelereng mah tomboy...
    Tp pgn nyoba siiih...dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... dulu musuh bebuyutan gue malah cewek, Mbak...

      Hapus
  2. jadi teringat masalalu suka maen klereng haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...
      keseringan maen kelereng jadi lupa tidur nggak tuh...

      Hapus
  3. kelerengh ajku paling benci main ini dulu, aku selalu kalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... curcol, Mas??
      gue juga dulu paling benci kalo maen kelereng...
      karena gue ngga punya kelereng...
      karena kalah....

      Hapus
  4. Dulu pas kecil paling sering main kelereng

    kelereng susu
    yg kata kamu kelereng disko itu, kami nyebutnya metalic
    warnanya keren dan sering jadi incaran pas main

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... karena keren...
      padahal kelereng kayak gitu ada banyak....
      wkwkwk

      Hapus
  5. Waaah udah lama banget nggak main kelereng... dulu saya nggak jago tapi doyan koleksi kelereng planet dan susu. Saya baru tau ternyata begitu ya asal usul kelereng... ternyata permainan anak bangsawan dong ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... itupun dapet dari buku kebudayaan daerah waktu SD....

      Hapus
  6. gw jug apernah main nih, ini satu2nya permainan yang frekuensi kemenenangan gw paling sedikit. Kayaknya gw bukan dilahirkan untuk jadi atlet klereng

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... jangan2 beberapa tahun ke depan ada cabang olahraga kelereng di olimpiade....

      Hapus
  7. Mantap blog dan Artikelnya senang bisa menyimak . .. TOP BGT dan salam kenal aja !

    BalasHapus
    Balasan
    1. yak!! makasih kunjungannya....
      salam kenal aja atau salam kenal bangeeet???

      Hapus
  8. Waktu kecil aku paling ga bisa main kelereng. Tapi seneng ngeliatin cowok cowok main kelereng, terus berimajinasi kalo kelereng itu sebenernya telur cyborg. Hehehe ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...
      kebanyakan khayalan nggak baik untuk kesehatan, Mbak....

      Hapus

Ada komentar yang ngucek-ngucek pikiran?? keluarin aja, tapi jangan lewat kentut. Tulis aja komentar kalian di sini. Komen Joss!! komentar harus ngotot, ngotot harus komentar.