Jumat, 09 Oktober 2015

Rayuan Es Kelapa

Apa yang enak waktu panas-panas, terik, kecapekan, haus, laper, dan ngantuk?? Es kelapa adalah jawabannya. Atau, apa yang es dan ada kelapanya?? Yak, jawabannya es kelapa. Gue adalah salah satu kelapaholic. Mirip kayak dimana ada gula, di situ ada semut. Di mana ada es kelapa, di situ (belom tentu) ada gue.



Bingung kan ngeliat judulnya?? Yak, kalo Indonesia punya “Rayuan Pulau Kelapa”, Republik Kelafaran punya “Rayuan Es Kelapa”.

Es kelapa itu enaknya pake es. Karena kalo nggak pake es, nggak dingin. Es kelapa itu enaknya pake kelapa. Karena kalo nggak pake kelapa namanya es kosong.

Gue udah ketemu berbagai macam jenis es kelapa. Ada yang campurannya pemanis buatan (wah, kejam nih), ada yang campurannya gula merah (malah keliatan kayak teh kelapa), ada yang campurannya madu (yang ini mahal banget), ada yg campurannya gula, ada juga yang campurannya jeruk nipis, sirup, bahkan ada yang campurannya permen (yang ini maksa banget, yak? yang penting manis)

Tapi sebenernya masih banyak lagi macam-macamnya. Ada yang ditambah selasih, keriikil, kulit jeruk, salep kutu air, dan lain-lain.

Pada tahun 2013 lalu, gue pernah ke sebuah pulau. Di sinilah surganya pencinta kelapa, pulau Bengkalis, di Provinsi Riau. Pergi kesana aja harus pake kapal roro.



Di sana, katanya buah kelapa pun sampe nggak laku dijual karena hampir semua penduduk punya kebun pohon kelapa. Seminggu di sana membuat gue hampir trauma kalo ngeliat es kelapa. Perut kenyang, pikiran pun melayang, tiduuuur....



Tuh kan, baru masuk pulaunya aja udah disambut sama mbak-mbak pohon kelapa.


Di sepanjang jalan, pemandangannya cuma pohon kelapaaaaaaaaaaaa aja.


Manusia-manusia yang kehausan yang udah nggak sabar mau makan kulit kelapanya.

Punya pengalaman unik tentang es kelapa?? punya dong. Kalo mau berbagi ceritanya, silahkan tulis di komentar ya.

16 komentar:

  1. luar biasa tuh pulau banyak banget kelapanya.... coba di jakarta ada tempat kaya gitu...

    BalasHapus
  2. Jadi pengen ke pulau bengkalis gue,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh, silahkan...
      untuk info, di sana banyak gadis desa lho....
      tertarik??

      Hapus
  3. jadi ingat dulu waktu kecil sering nyuri kelapa tetangga buat di bikin es hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti masa kecil elo...
      kayak tupai...

      Hapus
  4. sekarang tukang es kelapa banyak bgt rasanya, ada yang rasa mangga, alpukat, stoberi, udah gak ori lagi haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... iya...
      es kelapa, tapi rasa mangga, maunya apa??

      Hapus
  5. es kelapa ya enaknya pake es, klo ga pake es namnya kelapa doang :D
    waktu istri gw hamil, doi seneng bgt minta beliin kelapa ijo. awalnya sih gw kepo sama rasanya. kenapa sampe istri gw doyan bgt. akhirnya nyobain dan rasanya, GA ENAK :"(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...
      bener2, tapi kalo nggak pake "es" tetep kelapa kok, kalo pake "es" malah aneh, kelapas....
      wah... berarti istri elo seleranya bagus...

      Hapus
  6. Es kelapa penetralisir dan pengganti ion tubuh.....
    Tapi ada mitos orang terdahulu katanya air kelapa juga bikin bau badan loh gan..hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh tentu...
      iya bikin bau, kalo mandi pake air kelapa, nggak dibilas....

      Hapus
  7. Wah baru tahu kalo ada begituan di Riau. Dan itu emang beneran ada yang bikin es kelapa pake permen? :/

    BalasHapus
  8. pesen es kelapa muda-nya satu bang.. haha

    http://imoetmutia.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha....
      nggak jual eceran nih, mbak....
      jualnya grosiran...

      Hapus

Ada komentar yang ngucek-ngucek pikiran?? keluarin aja, tapi jangan lewat kentut. Tulis aja komentar kalian di sini. Komen Joss!! komentar harus ngotot, ngotot harus komentar.