Selasa, 10 November 2015

Bentar Lagi Kok!!

Melihat judul potingan kali ini, mungkin akan terlihat sedikit aneh. Iya, beneran, gue juga nyesel buat judul postingan yang kayak gini. Mungkin ada yang mengira kalo ini postingan tentang hari kiamat?? Salah besar!! Habis kejepit di mana elo? Atau mungkin ada yang mengira ini adalah postingan..... santai... santai.... ini bukan postingan cabul..... santai....

Nah, setelah paragraf pembukaan yang nggak jelas tadi, gue akan langsung membuat pengakuan. Jadi, gue mau ngaku kalo postingan kali ini tentang smart city.

 
Sumber: chip.co.id
Apa itu smart city??

Beda dong!! Smartphone ya smartphone, bukan smart city. Kalo smart city itu pake android, gitu aja masa nggak tau.

Lupakan paragraf di atas. Nah, jadi bagi yang belom tau, smart city itu artinya kota pinter. Bukan karena kotanya sarjana atau pinter, bisa ngurus dirinya sendiri. Tapi smart city itu.....

Ya, smart aja gitu. Pinter. Kalo menurut gue, smart city itu adalah sebuah kota yang udah canggih. Semuanya udah pake teknologi masa kini, kayak di pilem-pilem gitu. Pilem Teletubies. Jadi, semua urusan bisa terselesaikan dengan mudah karena adanya teknologi. Mau pesen makanan, tinggal order. Mau keliling kota, udah ada angkutan dengan rute yang jelas. Mau pesen jasa garukin punggung, tinggal order.

Nah, denger-denger nih, katanya Cirebon lagi menuju smart city. Tentunya gue mendukung dong. Soalnya gue half-blood prince, kayak di pilem Heri Potter. Ya, lebih tepatnya half Cirebon blood Prince. Solanya bapak gue asli Cirebon.

Menurut gue, ada beberapa faktor yang harus dipenuhi sama kota Cirebon biar jadi smart city.

1. Kotanya harus bersih.

Soalnya, kota-kota canggih yang pernah gue liat di pilem-pilem ataupun di luar negeri, pasti terurus masalah kebersihannya. Bayangin aja kalo kota canggih, tapi sampah berceceran di mana-mana, kan nggak lucu.

2. Punya pariwisata yang bagus.

Coba kita liat kota-kota yang terkenal di dunia. Rata-rata memiliki kualitas pariwisata yang bagus, sehingga ramah wisatawan. Punya hotel-hotel bagus untuk tempat menginap yang nyaman. Dan Cirebon udah punya lho!! Namanya Aston Hotel Cirebon.

Sumber: aston-international.com

Buset!!! Gede banget!! Nggak kebayang kalo ada kerupuk segede itu, gimana ngabisinnya ya?? Tapi keren banget, kan?? Gue pengen banget ke sana. Nggak kebayang kalo dapet tiket gratis ke sana. Wah.... nggak kebayang deh pokoknya.

3. Jaringan internet yang cepat.

Karena sekarang udah ada jaringan internet 4G, harusnya internet di kota itu juga 4G. Ya, namanya aja smart city, kalo internetnya lambat kan nggak lucu. Tapi entah kenapa terakhir kali waktu gue di stasiun Cirebon, sinyal hp gue cuma HSDPA. Setelah gue pikir-pikir, ternyata benar. Sudah kuduga.....

Hp gue memang bisanya cuma sampe segitu. Tapi denger-denger Smartfren udah ngeluarin hape Andromax yang bisa nangkep sinyal 4G lho!! Sinyal Smartfren 4G LTE juga udah bisa dinikmati. Nggak kebayang kalo download lagu  bisa secepat telunjuk mencari upil.

4. Punya komunitas-komunitas.

Nah, setahu gue, komunitas-komunitas ini juga bisa berpengaruh terhadap kepintaran sebuah kota (kan temanya smart city). Dan di Cirebon ada komunitas Blogger Cirebon. Nah, komunitas blogger kayak gini juga ikut serta dalam membantu Kota Cirebon biar jadi smart city lho!! Contohnya citizen journalism yang bisa langsung dilihat di website komunitas Blogger Cirebon. Jadi kalo mau tau update berita Kota Cirebon tinggal ambil hape, kunjungi websitenya, selesai.

Tapi nggak cuma itu. Komunitas-komunitas lain juga berpengaruh kok, misalnya ada komunitas penghijauan. Ini juga penting, soalnya smart city itu adalah cerminan kota canggih (di pikiran gue)

Nah!! Itu tadi beberapa faktor utamanya. Faktor-faktor pendukung seperti jumlah jomblo kayaknya nggak perlu dibahas deh. Kalo ditanya kapan Cirebon jadi smart city, gue akan jawab, “Bentar lagi kok!!”, karena gue rasa faktor-faktor itu udah dimiliki oleh Kota Cirebon.


NB: Nah!! Sekarang udah tau maksud judulnya, kan??

3 komentar:

  1. Kapaaaaaam internet cepat nggak pake putus-nyambung-putus-nyambung....
    Pake kartu 4G tapi kok internetnya nggak secepat kayak yang diiklanin yak...
    -__-

    BalasHapus
  2. betul tuh gan! itukan kota gue!

    BalasHapus
  3. Hahahaha ada-ada aja istilah half blood prince :p

    Anyway Cirebon sekarang makin keren euy...
    #SmartCity

    BalasHapus

Ada komentar yang ngucek-ngucek pikiran?? keluarin aja, tapi jangan lewat kentut. Tulis aja komentar kalian di sini. Komen Joss!! komentar harus ngotot, ngotot harus komentar.