Kamis, 08 September 2016

Catatan Hati Anak IPS

Anak IPS?? apa yang terlintas di benak lo pada??? nakal?? suka tawuran?? bandel-bandel??? kumpulan begundal?? kalo iya berarti otak lo udah terkontaminasi sama kata-kata orang tua jaman dulu. Kata siapa semua anak IPS itu begundal?? anak IPS itu harusnya dihormati, men!! mereka melestarikan budaya Indonesia, susah-susah ngapalin sejarah cuma buat melestarikan sejarah.

Yak!! suka duka sebagai anak IPS itu banyak juga ya. Meskipun banyak yang bilang kalo jurusan IPS itu jelek, entar susah cari kerja, tapi tanpa anak IPS, mungkin anak cucu kita nggak bakalan tau apa itu tari saman, kujang, rencong, sejarah Indonesia, sejarah aku dan dia....

*baper

Enaknya jadi anak IPS juga banyak, misalnya nggak perlu berurusan dengan angka-angka ghaib, nggak perlu nyari-nyari angka ghaib, nggak perlu mikir banyak-banyak. Jadi kalo belajar ya gitu-gitu aja, enak, nyantai, nggak perlu kalkulator, nggak perlu ngitung-ngitung pergerakan setiap benda di bumi. Palingan ngitung-ngitung cuma dipake sekali-kali, di kantin, ngitung utang.

Hayoo... ngaku...

Kalo nggak enaknya jadi Anak IPS juga banyak, salah satu yang paling gue keselin itu kita harus ngapalin nama-nama orang luar yang nggak jelas, tanggal-tanggal, boro-boro nginget tanggal lahir orang, tanggal lahir orang tua aja nggak tau, ya nggak?? ngaku lo!! ngaku!! sedangkan tanggal peristiwa kesaktian gue aja, gue nggak inget, apalagi hari kesaktian pancasila??

Jangan dikira jadi anak IPS itu nggak ribet. Mungkin selama ini banyak yang bilang kalo yang ribet itu cuma anak IPA doang, harus bawa termometer lah, labu melerleyer lah, spiritus lah, eh!! jangan salah!! anak IPS juga ribet, malah lebih ribet, disuruh bawa peta lah, buat peta lah, menggali fosil lah, buat peta sambil nggali fosil lah, berkomunikasi dengan manusia-manusia purba lah. Ribetan mana hayo??

Ya, ribet dua-duanya lah.

Gue sebenernya agak resah, soalnya IPS di Indonesia dianggap tempatnya anak-anak buangan. Gue nggak setuju!! ya, alasan pertama karena gue juga anak IPS. Alasan kedua yaitu kalo nggak ada IPS nggak ada psikolog, kalo nggak ada psikolog nggak ada yang bisa nolongin orang stress, kalo kebanyakan orang stress semua jadi stress, kalo semua orang stress entar mati. Liat noh!! kalo nggak ada anak IPS ujung-ujungnya hidup semua orang mati. Ngeri banget kan akibatnya??

*Ngaco

Jadi, mau anak IPA atau IPS itu ngga masalah, karena jurusan itu prinsip, jomblo itu nasib.... :v


Kamis, 01 September 2016

Ceritanya Bikin Puisi

Waktu itu lagi ujian praktek bahasa Indonesia. Ujian prakteknya simpel, dikasih pulpen sama kertas, terus disuruh nulis puisi. Temen-temen gue udah pada sibuk ngerjain, ada yang nyari inspirasi di toilet, mungkin sekalian boker, atau mungkin jauh-jauh ke toilet cuma buat nahan boker, terus ada yang nyari inspirasi di selokan, ada yang nyari inspirasi di kantin, lah gue!! gue masih duduk terdiam kayak orang bego, ingus gue takut-takut mau keluar, gue belom pernah buat puisi sebelumnya.

Gue pernah sih buat puisi sebelumnya, tapi……. 2 kali dilempar tetangga pake batu bata, 5 kali sikejar satpol pp, dan lebih dari 10 kali dikejar banci, gue nyuri pakaian dalem bancinya, gue jual. Karena begonya gue dalam hal perpuisian, guru gue sampai memberikan pasal ke gue. pasal pertama Gue nggak pernah bener buat puisi, sekalipun itu benar, ingat pasal pertama, gue nggak pernah bener buat puisi.

Tapi bukan Reza namanya kalo mudah menyerah, okey!! bu guru!! gue akan buat puisi yang bahkan judulnya aja bisa ngalahin puisi ibu. Liat aja lo!! (nggak sopan bener gue)

Nggak lama kemudian, gue sama temen-temen sekelas gue disuruh ngumpul, dan disuruh bacain puisi masing-masing, gue udah siap pastinya dong…. satu-persatu maju, dan akhirnya giliran gue. 

Tampaknya guru gue ketakutan, dia trauma sama puisi-puisi gue. Gue tarik napas, gue siap. Eh!! malah guru gue tiba-tiba nanya.

“Puisimu judulnya apa, Za?? ibu nggak mau denger yang aneh-aneh lagi!!”, sambet guru gue.

“Tenang, Bu. Puisi saya kali ini berkelas, judulnya aja udah terkenal”, bales gue.

“Emang apa judulnya??

“Aku”

"Iya, kamu!!!"

"Belom mulai, Buuuuuu!!!!"

“oh, yaudah cepet maju”


Aku
karya : Reza Bagus Yustriawan

Aku

bukan kamu

apalagi dia

aku ya aku

bukan juga balapan kuda

Kamu

bukan aku

apalagi dia

kamu ya kamu

iya kamu

Aku ini bukan binatang

apalagi belalang

walaupun ada parang

bisa dikalahin sama benang

biar pulang

nggak bilang-bilang

Biar panah menusuk dadaku

aku tetap maju

terus menerjang

biarlah sampe pop es-ku tumpeh-tumpeh

dan aku lebih tidak peduli

aku mau boker seribu tahun lagi


Kamis, 25 Agustus 2016

Ritual Rahasia Kamar Mandi Tengah

 "Ingin boker anda lancar??? sebut nama Widi 3x"

Mantra (bego) rahasia itu tertulis di belakang pintu kamar mandi tengah di asrama gue. Waktu itu gue lagi kebelet boker saat pertama kali gue membaca mantra (bego) itu.

Awalnya gue cuma baca-baca doang dan ngga percaya, tapi iseng-iseng gue coba juga.

"Widi.... Widi.... Widi...."

*hening

Nah kan, itu cuma boongan. Tapi gue ngga putus asa, gue coba lagi dan lagi, hingga akhirnya...

"WIDIIII.... WIDIIII.... WIDIIIIIIIII....."

"DUAAAAARRRRRR" dan efeknya beneran kayak bom atom. Ngalahin bom atom yang jatoh di Hiroshima ama Nagasaki. Jangankan dua-duanya, Jepang juga bisa musnah kalo kena bom ini.

Waaaah... ternyata ampuh. Memang, harus pake perasaan. Tapi perasaan ini telah tersakiti (baper).



*Ngaco

Dan gue pun ketagihan pake mantra itu.

Tapi ada yang gue takutkan, takutnya mantra itu bekerja di tempat yang salah.

Misalnya gue lagi di sekolah, kebetulan di sekolah gue ada yang namanya Widi. dan ketika gue mau manggil dia....

"Widi.... Widi.... Wid..."

*Gue sadar kalo itu adalah mantra, tapi lidah gue ngga mau berhenti.

"di....."

Dan sekolah gue akan jadi harum.

NB: Jangan coba-coba mantra ini di rumah, don't try this at home. Hanya bisa dilakukan oleh profesional saja, atau rumah kalian akan jadi septi teng (eh, gimana sih tulsannya??).


Sabtu, 20 Agustus 2016

Setelah Sekian Lama

Yak, akhirnya setelah sekian lama bersemedi, gue bisa ngepos lagi. Bahkan untuk beberapa waktu gue lupa kalo gue punya ini blog... :v gue ngerasa bersalah udah ninggalin blog ini selama berabad-abad (lebay). Mungkin kalo blog ini bisa ngomong, dia bakalan bilang begini sama gue :

Blog : "Ooo... gitu kamu ya, ninggal-niggalin aku seenaknya."
Gue  : "Maafin aku, aku bener-bener menyesal."
Blog : "Aku ngga butuh maafmu."
Gue  : "Buset dah!! kok jadi baper gini!!"
Blog : "Oh... jadi gitu?? udah lama ngga nyamperin, sekali nyamperin marah-marah gitu?? kamu kira aku ini apa?? benda mati??"

Cukup, blog gue lupa diri.

Nah, apa yang terjadi pada gue selama gue ngga nyamperin blog ini?? oke, akan gue jelaskan satu perdua.

Yang pertama, gue secara tidak sengaja terpilih sebagai desainer sebuah olimpiade yang diselenggarakan sekolah gue, namanya Olimpiade Humaniora. Jadi, mau ngga mau gue harus mengorbankan harta dan nyawa gue untuk mendesain. (lebay)

Belajar sambil desain, makan sambil desain, tidur sambil desain, ngupil juga sambil desain, pokoknya segala-galanya sambil desain. Oiya, kecuali waktu boker.

Yang kedua, gue lupa kalo gue punya blog.

Beneran.

Gue bahkan kadang lupa kalo gue ini manusia. *meong

Yang ketiga, gue sedang dalam kondisi yang tidak feet (eh, gitu bukan sih tulisannya??). Bukan badan, tapi hati. Maksudnya gue sedang dalam masa-masa galau. (baper)

Gue galau banget, tingkat akut. Sampe-sampe gue ngga mau bunuh diri. Semua yang gue lakukan jadi datar. Contohnya begini, biasanya gue akan berteriak seperti orang bego kalo ngeliat tai kucing. Tapi waktu gue galau, tai kucing itu malah terlihat seperti sepotong hati yang terjatuh.

Dan bau.

Tapi sampai saat ini, cuma gue yang tau alasan kenapa gue galau.

Lah, kok malah jadi baper gini?? nah, pokoknya itu lah. Jadi gue minta maaf kepada pembaca blog gue, setidaknya postingan ini bisa jadi penawar rindu buat kalian. (sok puitis)

Mungkin setelah ini gue akan rajin ngepos lagi, moga-moga aja gue ngga galau-galau lagi.


Senin, 25 April 2016

Jomblo Bahagia dan Bersahaja

Nah, pada postingan kali ini gue akan membagikan cerpen yang gue buat beberapa bulan yang lalu buat ikutan lomba yang diadain penerbit Wahyu Qolbu. Sayangnya cerpen ini ngga lolos, mungkin karena tingginya kurang dari 145 cm (emang mau naik odong-odong???)

Cerpen-cerpen yang lolos dari lomba itu sekarang udah jadi sebuah buku yang berjudul "Kutinggalkan Kau Karena Dia", coba aja cerpen gue lolos..... #baper

Langsung aja deh, cekidoooot!!

Minggu, 24 April 2016

Jumat, 26 Februari 2016

Jumat, 19 Februari 2016

Lagi Bete Gara-gara LEGEBETE


Denger-denger sekarang lagi marak-maraknya LEGEBETE. Padahal apa asyiknya coba?? Mending goyang bersama Bang Jali, atau goyang dumang sekalian, iya, dukun mangap. Tapi sebelumnya,  jangan percaya judul postingan ini, karena itu gue buat asal-asalan, biar keren aja.

Krik… Krik…. Krik…. *suara kuda

Oiya, bagi yang ngga tau apa itu LEGEBETE. Ini adalah sebuah penyimpangan norma yang sedang marak-maraknya sekarang. LEGEBETE itu adalah singset, eh, singkatan dari :

LE            : Lempar
GE           : Gear
BE           : Becak
TE           : Tetangga

(abaikan yang di atas)

LE            : Lezzbian
GE           : Gey
BE           : “Besek”sual
TE           : Teransporta…. Eh, Teransgender

Nah, sebenernya gue kasihan sama orang-orang yang terkena “penyakit” LEGEBETE. Kenapa?? Karena mereka tidak normal.

Kenapa nggak normal??

Coba liat, mana ada bayi yang terlahir homo. Berarti manusia itu normalnya nggak gay, tapi entah kenapa sekarang malah jadi LEGEBETE.

Barusan, gue ngeliat salah satu video pendek buatan orang Thailand tentang gey.

Sumpah, gue jijik…. Sebenernya gue pengen muntah, tapi ngga jadi, karena sayang, entar makan siang gue percuma, kebuang.

Krikkkhhh…. Krikkhhh….. *jangkriknya keinjek kucing

Yang gue takutkan, “virus” LEGEBETE ini akan terus menyebar dan terus menyebar sehingga banyak generasi muda negeri kita yang terkena nantinya. Padahal ini jelas penyimpangan norma-norma yang udah ditetapkan sejak jaman nenek moyang dulu.


Masalahnya, sekarang kaum LEGEBETE udah berani terang-terangan nunjukin kalo mereka LEGEBETE. Apa yang akan kita lakukan?? Joget ala makjang?? Joget ala chef?? Joget alamak?? Tentu saja kita harus bantu mereka supaya balik normal lagi.

Kamis, 04 Februari 2016

Senin, 04 Januari 2016

Kerja Online Dapet Dollar

Mau dapet minimal $3 dalam satu bulan?? klik disini.

Trafficmonsoon adalah website amazing yang gue temukan beberapa hari yang lalu. dalam waktu 3 hari aja gue udah dapet $0.3 nggak pake minta sama emak!!

Kalo mau daftar, langsung klik aja disini.

Untuk pertanyaan yang lain-lain, silahkan hubungi gue di pesbuk gue. itu tuh!! ada di widget!!

Salam duit!!